YURISTGAMEINIGAMEID101

Dana Desa Tahap III 2018 di Kabupaten Kupang terancam Batal Cair

Oelamasi, Independen-news.com - Pencairan Dana Desa tahap III tahun 2018 untuk 160 Desa di Kabupaten Kupang terancam batal cair. Hal ini disebabkan lantaran laporan pertanggung jawaban penggunaan dana desa tahap I dan tahap II hingga akhir bulan Oktober 2018 belum di serahkan oleh Kepala Desa ke Dinas PMD.

Yohanis Masneno, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kamis (25/10/2018) di Gedung DPRD Kabupaten Kupang mengatakan, hingga hari ini (kemarin-red) tercatat sekitar 50 Desa yang telah menyerahkan laporan pertanggung jawaban keuangan dana desa tahap I dan tahap II, sementara sisanya 110 Desa belum juga ada tanda - tanda menyerahkan laporannya, sebab dana tahap III bisa dicairkan hanya jika seluruh desa sudah menyelesaikan laporannya.

Ia mengatakan, untuk tahun 2018 syarat pencairan 40 persen dana tahap III harus dilengkapi laporan penggunaan dana tahap I dan II. Oleh karena itu, Camat di minta pro aktif mendorong desa menyelesaikan laporan tahap III. "kalau satu desa saja terlambat, maka yang pasti pengaruhi desa lain yang sudah selesai laporannya,"Ujarnya.

Dirinya menguraikan, faktor keterlambatan penyampaian laporan dana desa salah satunya disebabkan karena pekerjaan fisik di desa sementara berjalan belum final, laporan tahap I dan tahap II baru bisa diselesaikan kalau penyerapan anggaran telah mencapai 75 persen.

Untuk itu katanya, langkah yang ditempuh dinas untuk percepatan laporan adalah melakukan koordinasi dengan Camat yang membentk tim asistensi dan verifikasi tingkat kecamatan. Selanjutnya, Dinas PMD lakukan pendampingan khusus bagi desa yang lambat menyampaikan laporan. Langkah tegas lainnya berupa penjemputan paksa kepala desa dan perangkat untuk buat laporan serta efektifkan kinerja pendamping desa. (Sully).
Ilustrasi

About Author

Berita Terbaru