YURISTGAMEINIGAMEID101

BPTP Balitbangtan NTT Distribusi 400 Ekor Ayam KUB

Oelamasi, Independen-news.com - BPTP Balitbangtan NTT distribusi 400 ekor ayam KUB siap bertelur untuk dua Desa yaitu Desa Barada dan Desa Alas Selatan di Kabupaten Malaka - NTT. BPTP Balitbangtan NTT ternyata bukan hanya distribusi ayam KUB saja, distribusi ayam pun di lengkapi dengan bantuan pakan, tempat pakan, tempat minum dan paket obat - obatan, ayam yang diserahkan juga sudah dilakukan vaksinasi tanggal 16 - 18 Oktober 2018.

Marselus Bere, Salah seorang PPL Desa Barada Selasa (23/10/2018) mengatakan ayam KUB yang didistribusi oleh BPTP Balitbangtan NTT  diterima oleh kepala Desa Barada, PPL, dan anggota wanita tani, masyarakat Desa Barada merasa gembira pasalnya ayam KUB yang diperoleh siap bertelur.

Ir. Paskalis Th. Fernandez, M.Si tim peneliti BPTP Balitbangtan NTT mengatakan bantuan 400 ekor ayam KUB untuk dua desa dengan rincian Desa Barada 200 ekor dan Desa Alas Selatan 200 ekor.

Tujuan distribusi ayam KUB katanya KWT dapat mengembangkannya lebih jauh dan dapat menyebar ke beberapa desa tetangga, kecamatan bahkan menyebar di seantero Kabupaten Malaka. Sasaran utama adalah terpenuhinya gizi keluarga dan pendapatan petani meningkat sehingga menjadi keluarga yang sejahtera.

Pasca penyerahan ayam KUB, di lanjutkan dengan bimbingan teknis secara bersamaan di dua desa tentang teknologi budidaya ayam KUB pada kelompok wanita tani Tiga Serangkai di Desa Barada  Kecamatan Malaka Tengah dan kelompok wanita Tani Sinar Pagi di Desa Alas Selatan Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka.

Dikatakannya, Bimtek yang di gelar berlokasi di sekitar KBD dan Kandang ayam KUB dikuti Lebih dari 50 peserta, bimtek pun di hadiri pula oleh kepala desa dan aparatnya,  PPL dan anggota KWT yang derada di desa Barada. Pada hari yang berbeda  juga dilakukan  Bimtek yang sama pada desa Alas Selatan Juga dihadiri oleh Sekertaris desa, PPL, Babinsa dan anggota kelompok wanita tani di desa Alas Selatan.

Bimtek dilanjutkan dengan praktek cara melakukan vaksinasi pada ayam KUB oleh anggota KWT, tujuan dilaksanakannya praktek agar anggota kelompok dapat menguasai teknologi budidaya, melakukan vaksin dan pengobatan sendiri terhadap ayam KUB yang dipelihara kelompok. (*/AR/Sully).

About Author

Berita Terbaru