YURISTGAMEINIGAMEID101

Anton Natun : Masyarakat Jangan Pilih Caleg Pakai Money Politic

Oelamasi, Independen-news.com - Masyarakat Kabupaten Kupang dalam menentukan pilihan memilih wakilnya yang akan akan duduk di parlemen tahun 2019 mendatang harus cermat memilih. Motif yang di gunakan oleh caleg meraih dukungan pun bervariasi dan salah satunya dengan menggunakan uang atau money politic.

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Kupanh, Anton Natun Kamis (12/10/2018) di Kupang mengatakan semua caleg wajib memberikan pendidikan politik yang benar kepada masyarakat untuk meraih simpati, bukan dengan menggunakan kekuatan uang untuk tujuan membeli suara masyarakat.

Ia mengatakan, panitia pengawan pemilu dengan kewenangan yang dimiliki sesuai amanat regula wajib hukumnya memberikan tindakan tegas bagi caleg yang menggunakan cara-cara kotor meraih dukungan masyarakat dengan money politic. Jika terus dibiarkan oleh Panwas maka akan menjadi perseden buruk bagi perkembangan demokrasi di Kabupaten Kupang.

Masyarakat Kabupaten katanya harus benar-benar jeli melihat persoalan ini, jangan gampang terpengaruh dengan bujukan caleg dengan memakai uang  sebagai alat kampanye. Caleg demikian tidak benar-benar berjuang bagi kepentingan masyarakat, setelah terpilih tidak mampu berbuat banyak bagi masyarakat sebab tidak paham cara yang benar berjuang untuk masyarakat. "masyarakat jangan pilih anggota DPRD karena bagi uang, tapi lihat kemampuan dan niat berjuang bagi masyarakat, akhirnya nanti masyarakat yang rugi,"Ujarnya.

Terhadap upaya-upaya oleh Caleg meraih suara dengan menggunakan money politic, Panwas harus bertindak tegas jika ditemukan pelanggaran. Caleg dalam memperkenalkan dirinya kepada masyarakat harus indepeneden tidak menggunakan fasilitas negara, uang negara untuk kepentingan mempengaruhi pilihan masyarakat.

Sementara itu, Ketus Fraksi PKPI DPRD Kabupaten Kupang, Samuel Koroh mengatakan Panwas harus bersikap tegas terhadap semua tindakan caleg yang menyimpang dari aturan, jika Caleg terbukti melakukan praktek curang harus di beri sanksi tegas.

Berkaitan dengan money politic, Fraksi PKPI DPRD Kabupaten Kupang meminta Panwas bersikap tegas, saksi tegas mesti diberikan kepada Caleg yang melakukan sosialisasi memanfaatkan uang negara atau membonceng program dari negara untuk kepentingan politik. (yesy).
Foto : Ilustrasi

About Author

Berita Terbaru