YURISTGAMEINIGAMEID101

21 Jenis Varietas Padi Lokal SBD Peroleh Sertifikat Kementan RI

Oelamasi, Independen-news.com - Sebanyak 21 varietas lokal padi ladang dari Daerah Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur saat ini telah memperoleh sertifikat tanda terdaftar varietas lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI.

Dengan demikian, 21 varietas padi lokal SBD ini selanjutnya akan dilakukan pemurnian benih dan didaftarkan untuk memperoleh sertifikat pemurnian benih sebelum dipasarkan, sertifikat yang diberikan kepada 21 varietas padi lokal SBD nantinya dapat disamakan seperti sertifikat hak paten sehingga pengembangan dan pemasaran selanjutnya mesti memperoleh izin resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dr. Evert Y. Hosang, Peneliti BPTP Balitbangtan NTT Senin (15/10/2018) di ruang kerjanya menjelaskan bahwa di NTT terdapat banyak kekayaan sumber daya genetika, bahkan ada diantaranya hampir punah. Oleh karena itu, para peneliti di BPTP Balitbangtan NTT kemudian melakaukan survei dan identifikasi karakteristik varietas lokal untuk diangkat dan didaftarkan sebagai kekayaan genetika asli milik NTT.

Tujuan utama varietas lokal didaftarkan katanya agar tidak ada klaim dari daerah lain terhadap varietas lokal milik NTT, periode berikutnya adalah melakukan pemurnian benih dan selanjutnya dilepas bebas ke masyarakat untuk dikembangkan. Varietas lokal di NTT memiliki keunggulan genetika, jika tidak terdaftar maka keunggulan genetika varietas lokal itu dapat diambil untuk dilembangkan oleh daerah lainnya.

Menurutnya, sejak tahun 2017 silam terdapat beberapa varietas lokal dari seluruh NTT secara resmi sudah terdaftar dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian RI dan telah pula dilepas ke seluruh Indonesia sebagai varietas untuk dikembangkan, beberapa varietas lokal yang sudah dilepas antara lain Alpukat Kabupaten Sikka, Pisang Beranga Kabupaten Ende, Padi Parewangi Kodi Kabupaten SBD, Kacang Tanah Sandel Kabupaten Sumba Timur, Kacang Hijau Fore Kabupaten Belu, serta Jangung Pit Kuning, Ubi Jalar Mollo dan Pisang Luan Kabupaten TTS.

Menurutnya, untuk tahun 2018 telah dilanjutkan dengan mendaftarkan 21 verietas padi lokal Kabupaten SBD dan 1 verietas tomat Kaut Lotu dari Kabupaten Belu, proses selanjutnya adalah melakukan pemurnian benih, sementara beberapa varietas lokal lainnya akan menyusul untuk di daftarkan tahun 2019, sampel untuk 21 vereitas tersebut berhasil di kumpulkan oleh Peneliti BPTP Balitbangtan NTT dari Tinus Wakur Kaka seorang petani lokal Kodi.

Berikut ini daftar lengkap 21 varietas lokal padi Kabupaten SBD yang telah memiliki sertifikat tanda terdaftar varietas lokal :
1. Bintang Ate Dalo
2. Kartuna Kodi
3. Pari Naga Ngedo
4. Pare Toro
5. Joki
6. Kadico Kaka
7. Rara Asli
8. Pawaro Bondo
9. Bokot
10. Kalenggo Rara
11. Romandanga
12. Bintang Kodi
13. Mete Kadu
14. Kadico Rara
15. Roma Dagha Ate
16. Pare Eda Kodi
17. Mete Kalebe
18. Lipu Uta Ngedo
19. Wulu Kawimbi
20. Tallung Nggoko
21. Kalenggo Ate (yesy)

Dr. Evert Y. Hosang, Peneliti BPTP Balitbangtan NTT saat menunjukan sertifikat terdaftar 21 varietas lokal padi asal Kodi Kabupaten SBD 

About Author

Berita Terbaru