YURISTGAMEINIGAMEID101

Polres Kupang Siap Amankan Pemilu Tahun 2019

Oelamasi, Independen-news.com - Polres Kupang menyatakan siap mengamankan Pemilu tahun 2019. Kesiapan Polres Kupang diwujudkan dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 dengan thema tingkatkan sinergi Polri dan instansi terkait dalam rangka mewujudkan keamanan yang kondusif di wilayah Hukum Polres Kupang.

Kapolres Kupang AKBP Indera Gunawan, SIK saat membacakan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pada Apel Gelar Pasukan Rabu (19/09/2019) mengatakan apel gelar pasukan bertujuan mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum turun pengamanan Pemilu 2019 terselenggara dengan aman, lancar dan damai.

Dikatakannya, jaminan keamanan dalam pemilu 2019 sebagai penanda utama demokrasi karena masyarakat diajak untuk menentukan pemimpin periode mendatang. Tahun 2019 akan dilaksaakan Pemilu yang tentunya memikiki kompleksitas dan kerawanan yang khas sebab untuk pertama kalinya dilaksanakan secara serentak bersama pemilihan legisltaif dan Pilpres dengan ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold 4 persen. Ini akan menjadi pemicu masing-masing Parpol berkompetisi secara ketat meraih suara masyarakat sebanyak-banyaknya untuk tetap bertahan.

Peningkatan intensitas kegiatan politik demikian dalam kacamata kamtibmas terdapat potensi kerawanan di bidang keamanan dalam hal ini pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu pemecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, penyebaran hoax dan ujaran kebencian atau hate speech. Semua itu berpotensi menimbulkan konflik sosial di masyarakat.

Untuk itu, Polri di bantu TNI dan stakeholder lainnya akan menggelar operasi kepolisian dengan sandi Mantap Brata 2018 yang dilaksanakan selama 397 hari terhitung tanggal 20 September 2018 hingga 21 Oktober 2019 diseluruh pelosok Indonesia dengan melibatkan 272.886 personil Polri.

Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas tingkat pusat, tingkat daerah dan tingkat Polres. (yesy).

About Author

Berita Terbaru