YURISTGAMEINIGAMEID101

Lakukan Rasionalisasi APBD 2018, Fraksi PKPI DPRD Kabupaten Kupang Usulkan Pansus

Oelamasi, Independen-news.com - Pemerintah Kabupaten Kupang secara sepihak mengambil kebijakan rasionalisasi tanpa persetujuan lembaga DPRD, padahal APBD tahun 2018 telah disepakati bersama dalam rapat paripurna DPRD kemudian ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Tentang APBD 2018.

Terkait rasionalisasi sepihak oleh pemerintah maka Fraksi PKPI DPRD Kabupaten Kupang dalam pemandangan umum fraksi terhadap nota perhitungan APBD meminta kepada pimpinan DPRD untuk segera membentuk pansus.

Fraksi PKPI DPRD Kabupaten Kupang yang dipimpin oleh Samuel Koroh dan Metusalak Tnunay sebagai Sekretaris Fraksi serta Daud Ulu sebagai anggota dalam pemandangan umum fraksi  yang diperoleh Independen-news.com Rabu (12/09/2018) menguraikan, akibat rasionalisasi sepihak oleh pemerintah Kabupaten Kupang tanpa sepengetahuan lembaga DPRD telah mengakibatkan banyak kegiatan yang telah direncanakan tidak terakomodir.

Samuel Koroh, Ketua Fraksi PKPI selanjutnya mengatakan APBD 2018 telah ditetapkan sesuai mekanisme rapat paripurna DPRD bersama pemerintah, dan lagi sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Kupang tahun 2018 tentang APBD sudah melewati tahapan konsultasi ke pemerintah provinsi. Artinya, seluruh tahapan sebagaimana diatur sesuai regulasi telah terpenuhi sehingga APBD 2018 dinyatakan sah.

Lembaga DPRD Kabupaten Kupang merasa terkejut ketika peroleh informasi dari pimpinan OPD bahwa pemerintah telah melakukan rasionalisasi tanpa sepengetahuan DPRD. Bagi dirinya, sah - sah saja tapi mesti tetap melalui mekanisme di DPRD untuk selanjutnya dilakukan pembahasan ulang dalam rapat paripurna bukan dilakukan diam-diam.

Oleh karena itu, Fraksi PKPI DPRD Kabupaten Kupang meminta kepada pimpinan DPRD untuk membuat Pansus agar dapat diketahui siapa yang bertanggung jawab melakukan rasionalisasi APBD secara sepihak, Pemerintah Kabupaten Kupang mestinya paham bahwa merubah sebuah Peraturan Daerah secara sepihak dapat berimbas pada persoalan hukum. (yesy)

About Author

Berita Terbaru