YURISTGAMEINIGAMEID101

Indikasi Selewengkan Rastra, Masyarakat Desa Bonmuti Adukan Penjabat Kades

Oelamasi, Independen-news.com -Masyarakat Desa Bonmuti Kecamatan Amfoang Tengah Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mengadukan Penjabat Kepala Desa karena di duga kuat telah menyelewengkan bantuan Beras Sejahtera (Rastra) tahun 2016. Tidak tanggung-tanggung, surat pengaduan masyarakat terhadap Salatial B. Naisunis Penjabat Kepala Desa Bonmuti di kirim ke Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang dan tembusan surat juga dikirim ke instansi lainnya.

Sesuai surat pengaduan masyarakat yang diperoleh Independen-news.com Senin (03/09/2018) menguraikan indikasi penyelewengan Rastra tahap I dan tahap II tahun 2016 dilakukan oleh Salatial B. Naisunis yang pada masa itu menjabat sebagai Sekretaris Desa. Surat pengaduan itu ditandatangani sekitar 153 orang masyarakat, modus yang lakukan Salatial B. Naisunis adalah tanpa sepengetahuan kepala desa, dirinya memalsukan dokumen dan stempel kepala desa ubtuk membuat permohonan Rastra kepada Perum Bulog NTT. Setelah memperoleh rastra sebanyak 2 ton lebih, namun setelah itu sebagian masyarakat penerima di Desa Bonmuti tidak diberikan Rastra.

Tidak sampai disitu, setelah selesai masa Jabatan Kepala Desa Bonmuti tahun 2018 maka oleh Camat Amfoang Tengah melantik Salatial B. Naisunis sebagai Penjabat Kepala Desa Bonmuti. Pelantikan sebagai penjabat Kepala Desa di protes oleh masyarakat dengan mengirimkan surat protes kepada Bupati Kupang tanggal 20 Agustus 2018.

Masyarakat dalam suratnya menguraikan sejumlah "dosa" yang dilakukan Penjabat Kepala Desa Bonmuti Salatial B. Naisunis.  Beberapa point penting yang diuraikan antara lain bahwa laporan masyarakat kepada pihak Kepolisian Sektor Amfoang Selatan tahun 2010 terkait dugaan manipulasi bantuan sosial bagi gereja Maranatha Bonmuti yang di berikan oleh Pemerintah Kabupaten Kupang, hingga kini laporan masyarakat belum di proses.

Bukan hanya itu, Salatial B. Naisunis pun di tuding oleh masyarakat menggelapkan bantuan sosial lainnya tahun 2011 berupa bahan bangunan untuk 6 orang penerima, hingga saat ini pula bahan bangunan masih disimpan oleh Salatial B. Naisunis di rumahnya. Saat masih menjabat sebagai Sekretaris Desa tahun 2016, masyarakat juga tercacat pernah menolak yang bersangkutan dengan alasan tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai sekretaris desa karena jarang berkantor.

Salatial B. Naisunis, Penjabat Kepala Desa Bonmuti Kecamatan Amfoang Tengah hingga berita ini di publikasi belum dapat diminta tanggapannya. (Jesy).

About Author

Berita Terbaru