YURISTGAMEINIGAMEID101

DPRD Kabupaten Kupang Gelar Paripurna Pengunduran Diri Bupati Ayub Titu Eki

Oelamasi, Independen-news.com - Lembaga DPRD Kabupaten Kupang Gelar rapat paripurna dengan dua agenda utama yaitu pengumuman pengunduran diri Bupati Kupang Ayub Titu Eki dan penyampaian hasil pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2019 - 2024.

Rapat paripurna yang berlangsung Seni (03/09/2018) di pimpin oleh Yosef Lede Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Johanea Mase Wakil Ketua DPRD. Rapat paripurna turut pula di hadiri oleh Bupati Ayub Titu Eki, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Korinus Masneno dan Jery Manafe, anggota KPU dan anggota DPRD serta pejabat lingkup pemkab kupang.

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih tertuang dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang Nomor 63/HK.03.1/KPU KAB/5701/VII/2018 tentang penatapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018. Sementara pengunduran diri Bupati Kupang Ayub Titu Eki tertuang dalam surat permohonan mundur dari jabatan yang dikirim  kepada Menteri Dalam Negeri RI tanggal 05 Juli 2018 Nomor BU.100/1191/VII/2018. Alasan pengunduran diri Bupati Kupang untuk memenuhi syarat sebagai bakal calon anggota DPR RI pada pemilihan anggota legislatif tahun 2019 Dapil NTT 2.

Yosef Lede, Ketua DPRD Kabupaten Kupang dalam sambutannya mengatakan momentum pengunduran diri bukan akhir sebuah pengabdian tapi sebagai tanda kelanjutan pengabdian dimana masyarakat Kabupaten Kupang pada ajang Pilkada 2018 telah menentukan pilihannya.

Dua agenda dalam rapat paripurna katanya telah sesuai dengan amanat peraturan yang berlaku yaitu tentang tata cara penguduran diri pejabat negara saat menjadi calon anggota DPR RI.

Proses pilkada Kabupaten Kupang tanggal 26 Juni 2018 telah berakhir lancar dan sukses, pemimpin baru telah dipilih masyarakat. Usulan pengangkatan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih akan di teruskan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur NTT berdasarkan berita acara penetapan pasangan calon terpilih dari KPU Kabupaten Kupang guna mendapat pengesahan pengangkatannya serta usulan pemberhentian Bupati Kupang Ayub Titu Eki guna pengesahan pemberhentiannya. (Jesy)

About Author

Berita Terbaru