YURISTGAMEINIGAMEID101

Bupati Titu Eki Nyatakan, Rencana Investasi 1,8 Triliun PT. PKGD Hanya Janji Belaka

Oelamasi, Independen-news.com - Bupati Kupang tegas menyatakan bahwa rencana investasi senilai 1,8 triliun rupiah oleh PT. Puncak Keemasan Garam Dunia (PT. PKGD) membangun tambak garam seluas 3.720 hektar di Kabupaten Kupang hanya janji belaka. Lahan seluas 3.720 hektar telah di akuisisi oleh PT. PKGD dari PT. Panggung Guna Ganda Semesta (PT. PGGS) sebagai pemegang sertifikat Hak Guna Usaha.
Bupati Kupang Ayub Titu Eki saat memberikan keterangan pers Jumat (31/08/2018) di ruang kerjanya mengatakan masyarakat jangan tergiur dengan rencana investasi 1,8 triliun, itu hanya janji belaka untuk tujuan memperoleh persetujuan pemberian ijin oleh Pemerintah Kabupaten Kupang, setelah peroleh ijin lalu pergi menjual lagi lahan ke pihak lain lagi demi mendapat keuntungan.
Menurutnya, janji investasi merupakan agenda para kapitalis mengeruk keuntungan dari masyarakat, akhirnya pemegang modal semakin kaya sementara masyarakat kian terpasung dalam kemiskinan. Dalam hal ini, terjadi capital of flight atau perpindahan uang dalam jumlah besar dari Kabupaten Kupang yang dilakukan oleh para konglomerat, jurang kemiskinan akan makin lebar akibat dari para konglomerat itu menjadikan masyarakat sebagai lahan mengeruk keuntungan dan kemiskinan tidak akan pernah terhapus.
HGU sejatinya adalah pengalihan status kepemilikan tanah dari masyarakat kepada PT. PGGS dalam kurun waktu tertentu. Bagi dirinya, lahan yang bisa dimohonkan untuk HGU mestinya tanah kosong yang di kuasai oleh negara bukan tanah milik masyarakat apalagi tanah itu sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat, hak adat masyarakat harus tetap di akui oleh negara. (Jesy).

About Author

Berita Terbaru